Tips dan Cara Menghilangkan Jerawat di Telinga

Tips dan cara menghilangkan jerawat di telinga - Terbentuknya suatu benjolan di daun telinga merupakan hal yang sering terjadi pada sebagian orang, tetapi apakah hal ini akan menjadi dampak buruk kedepannya?. Beberapa dari mereka yang baru sekali mengalami mungkn akan merasa cemas, karena takut menjadi penyakit yang serius seperti tumor dan sebagainya. Tetapi perlu ketahui bahwasanya benjolan di daun telinga hanyalah sebuah gangguan kulit biasa, bisa di bilang ini hanyalah sebuah jerawat.

Mungkin ada beberapa alasan mengapa mereka ingin menghilangkan jerawat pada daun telinga ini. Pertama adalah merasa terganggu dengan rasa sakit meskipun tidak tersentuh oleh tangan, khususnya pada para wanita yang terbiasa menggunakan anting, dan ketika sedang berbaring kesamping pun akan terasa sulit karena benjolan tersebut.  Sebaiknya Anda segera melakukan tindakan yang benar untuk menghilangkan benjolan di daun telinga agar tidak berdampak lebih buruk.

Nah, pada artikel ini akan di bahas beberapa cara yang mudah dan effektif untuk
menghlangkan jerawat di telinga. Tetapi sebelumnya alangkah baiknya kita ketahui terlebih dulu apa saja yang menyebabkan munculnya jerawat di daun telinga ini, mari simak ulasan berikut:

tips dan cara menghilangkan jerawat di telinga

 

Berikut beberapa faktor penyebab jerawat di telinga :

 

1.    Akibat gangguan kulit

Penyebab pertama adalah,  karena terjadi nya gangguan kulit pada daun telinga, sehingga berdampak terjadi nya benjolan atau jerawat pada daun telinga kita. Kista epidermoid merupakan suatu benjolan kecil yang terjadi bahkan berkembang di balik kulit yang bisa kita rasakan saat dsentuh dan akan menimbulkan rasa sakit. Tetapi, menurut Mayo Clinic, kista epidormoid yang terlalu lama di biarkan memungkinkan akan terjadi nya kangker dan bisa memerlukan evaluasi medis yang lebih lanjut. Kemudian beberapa jenis kista jinak,  seperti kista sebaceous, dapat tumbuh dan berkembang pada daun telinga, yang menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman pada area sekitar benjolan tersebut. Menurut National Library of Medicine, kista sebaceous adalah hasil dari perkumpulan sel-sel kulit  mati dan minyak yang diproduksi oleh kelenjar minyak pada kulit dan akan berkembang di daun telinga bahkan di saluran-saluran dalam telinga. Kemudian terjadinya Folikulitis atau kondisi penyakit dari akar-akar rambut yang mengalami peradangan atau pembengkakan pada daun telinga, yang dapat menimbulkan jerawat di telinga tersebut.

 

 2.     Akibat trauma pada daun telinga

Trauma yang terjadi pada daun telinga juga dapat menyebabkan benjolan atau jerawat pada daun telinga tersebut. Contohnya jka Anda  pernah mengalami luka goresan pada daun telinga telinga atau gigitan serangga dan sebagainya, itu akan menyebabkan tumbuhnya jerawat di daun telinga sebagai fase penyembuhan luka tersebut, disarankan agar tidak terlalu sering memegang ataupun menggosoknya. Apabila Anda melakukan tindik atau piercing pada teling usahakan jarum tindik tersebut dipastikan steril karena jika tidak akan berdampak pada pembentukan benjolan di daun telinga bahkan berdampak pada infeksi kulit. Kemudian jangan sesekali memasukan benda-benda kotor atau kurang steril pada lubang yang dibuat di daun telinga tersebut itu juga merupakan salah satu penyebab benjolan di daun telinga contoh nya seperti anting, logam-logam yang sering dipakai bisa menyebabkan benjolan atu jerawat pada telinga anda.Gunakan anting yang bersih dan cocok untuk kulit telinga agar tidak menyebabkan penyumbatan atau perkembangan bakteri di lubang di daun telinga.

 

Langkah-langkah untuk mengatasi jerawat atau benjolan pada daun telinga:


Caranya adalah dengan menggunakan air hangat kuku yang kemudian di basuhkan pada daun telinga Anda secara berulang-ulang. Air hangat dapat mengangkat nanah dan bakteri di atas atau di dekat permukaan kulit kita sehingga sehingga secara perlahan benjolan tersebut akan teratasi. Kemudian tempatkan kain yang sudah direndam dengan air panas pada kista atau benjolan tersebut diamkan sekitar 15 menit. Lakukan cara ini 2 sampai 3 kali dalam sehari hingga benjolan tersebut membaik. lama atau tidaknya tergantung pada seberapa parah infeksi yang di alami oleh pasien.

Semoga informasi tentang tips dan cara menghilangkan jerawat di telinga kali ini dapat bermanfaat bagi Anda. Sekalian dan trimakasih.".”