Manfaat Labu Kuning Untuk Bayi dan Balita

 
Manfaat labu kuning untuk bayi dan balita – Labu Kuning Atau sering disebut dengan waluh ini merupakan sebuah ide makanan yang baik bagi bayi maupun balita Anda. Selain rasa nya yang lezat yang membuat anak-anak suka, labu kuning juga mengandung nutrisi yang baik bagi mereka misalnya:

Kandungan labu kuning:


1.    Beta Carotene

Kandungan beta carotene yang terdapat dalam labu kuning ini dapat menangkal dan mengurangi resiko terjadinya sel kangker dan penyakit pada hati

2.     Lemak Sehat

Disini bukan lah lemak jahat yang dimaksud tetapi lebih kepada lemak yang bermanfaat bagi si kecil yaitu untuk pertumbuhannya, pelindung rasa dingin dan menjadi salah satu sumber energi.

3.    Karbohidrat

Karbohidrat menjadi salah satu sumber energi utama bagi tubuh, dan manfaat lainnya ialah untuk memperlancar sistem pencernaan dan menjadi reseptor pada hormon.

4.    Serat

Serat pada labu kuning berfungsi untuk menjaga kestabilan system pencernaan, sehingga bayi ataupun balita Anda bisa merasakan kenyang yang lebih lama, kemudian serat juga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya pengembangan penyakit seperti jantung, obesitas dan diabetes.

5.     Antioksidan

Antioksidan merupakan salah satu nutrisi yang berperan untuk melawan pembentukan sel kanker dalam tubuh.

6.     Magnesium

Magnesium sangat diperlukan oleh bayi dan balita, sebab dengan adanya magnesium mampu membantu penyerapan kalsium oleh tulang sehingga membuat tumbuh dan kembangnya lebih cepat.

Adapun kandung mineral yang terdapat di dalam labu kuning ini yaitu berupa kalium, natrium, kalsium, tembaga, fosfor, zat besi, dan seng.

Dengan kandungan nya yang banyak dan tinggi menjadikan labu kuning sebagai  pilihan yang pas untuk pendamping ASI. Dan hingga kini pun labu kuning masih dipercayai dan menjadi favorit bagi kalangan ibu-ibu menyusui. Dengan harganya yang murah dan juga dapat di olah menjadi  berbagai makanan yang disukai oleh bayi maupun balita seperti dijadikan kue-kue basah dan bentuk cake, ataupun  juga diolah layaknya SUN. 


Manfaat lainnya dari labu kuning untuk bayi adalah:


1.    Sifat Obat Cacing

Karena bayi dan balita yang sangat rentan terhadap terjadinya suatu  infeksi, seperti cacingan sehingga membuat mereka memiliki berat badan yang rendah meski diberi asupan setiap hari. Dengan menkonsumsi labu kuning dapat memberikan dampak menyembuhkan bahkan dapat mencegah perkembangannya didalam usus. Disarankan untuk menkonsumsi labu kuning ini secara teratur.

2.    Membangun System Kekebalan Tubuh

Yang telah kita ketahui bahwasanya labu memiliki kandungan vitamin C dan juga beberapa kandungan biokimia yang sangat diperlukan untuk membangun serta memperkuat kekebalan tubuh. Beberapa penelitian juga menghimbau bahwa labu kuning ini dapat mempromosikan proliferasi limfosit limpa kemudian juga berfungsi sebagai penghacur aktivitas sel yang telah terinfeksi dan pembentukan sel kanker .

3.    Sumber Antioksidan

Selain kandungan mineral dan beberapa vitamin. Labu kuning juga sebagai sumber Antioksidan yang sangat diperlukan untuk tubuh tidak hanya orang dewasa tetapi juga bayi diatas 6 bulan. Antioksidan merupakan biokimia yang berfungsi untuk melindungi serta mengurangi efek oksidatif terhadap organ-organ tubuh yang sangat diperlukan untuk bayi dan balita.

Video manfaat labu kuning untuk bayi dan balita
 

4.    Antimikroba

Tahukah Anda bahwa bayi dan anak-anak sangat rentan terhadap serangan mikroba lebih tinggi daripada orang dewasa. Hal demikian disebabkan karena pertahanan tubuh bayi relatif lebih lemah ketimbang orang yang sudah dewasa. Jadi, dengan menkonsumsi labu kuning ini dapat memberikan dampak yang baik bagi mereka.
 

5.    Pemberi Nutrisi

Yang terakhir ialah memberikan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh bayi dan balita. Kandungan vitamin dan mineral dalam labu kuning sangat baik untuk perkembangan pertumbuhanya. Kalsium dan magnesium berperan penting terhadap kekuatan tulang, kemudian fosfor sebagai fungsi pencernaan, protein, fungsi otak, keseimbangan hormon dan sebagainya. Dan yang terakhir  ialah zat besi yang berfungsi untuk memproduksi hemoglobin dalam tubuh.

Catatan:

Sebaiknya berikan bayi maupun balita anda labu kuning ini dalam keadaan batas wajar. Karena labu kuning memiliki kandungan beta carotene yang cukup tinggi sehingga beresiko menyebabkan kulit mereka kuning. Meskiun begitu warna kuning pada kulit mereka akan hilang ketika berhenti menkonsumsinya. Sebaiknya labu kuning hanya dikonsumsi oleh bayi di atas usia 6 bulan dan tanyakan pada dokter jika terjadi sesuatu hal diluar dugaan.

Sekian info tentang manfaat labu kuning untuk bayi dan balita semoga bermanfaat. Trimakasih.”

0 Response to "Manfaat Labu Kuning Untuk Bayi dan Balita"

Posting Komentar

“Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar”