Bahaya Menggunakan Lipstik (Kosmetik) Palsu atau Kadaluarsa

Bahaya menggunakan lipstik kosmetik palsu atau kadaluarsa - Untuk tampil lebih cantik memang membutuhkan beberapa modal kosmetik seperti lipstik, make up  dan sebagainya. Semuanya tentu disesuaikan dengan selera dan kenyamanan dalam pemakaiannya. Terutama untuk lipstik pada sebagian wanita ada yang memaksakan diri untuk tampil dengan bibir yang merah dan cantik. 

Bahaya Menggunakan Lipstik (Kosmetik) Palsu atau Kadaluarsa

Llipstik yang digunakan tersebut memiliki kandungan di dalamnya yang sangat berbahaya bagi kesehatan bibir. Lipstik palsu salah satunya, jika Anda sembarangan dalam memilih lipstik karena hanya tergiur dengan harganya yang murah saja tetapi tidak tahu akan kandungan di dalamnya yang berbahaya.

Mungkin jika Anda gunakan hanya sekali dua kali tidak jadi masalah tetapi jika sudah menjadi keperluan sehari-hari menggunakan lipstik palsu maka akan merusak kesehatan bibir Anda, jadi perlu hati-hati !!.
 
Menurut dokter kulit lulusan Universitas Indonesia  Dr. Gloria Novelita, SpKK beliau menyebutkan “jika menggunakan lipstik palsu atau KW dampaknya ialah pada kesehatan bibir. Seperti bibir akan mengelupas, bengkak, gatal-gatal, bersisik dan memerah.” Dan beliau juga menambahkan jika kita tidak mengetahui kandungan dari lipstik tersebut, sering terjadinya iritasi dan elergi pada kulit bibir.
 

Adapun bahaya lainnya menggunakan lipstik palsu adalah  

 

1.    Membuat Bibir Menghitam 

Penggunaan lipstik yang salah dapat menyebabkan bibir menghitam. Hal ini disebabkan karena adanya pengendapan pigmen warna pada lipstik tersebut sehingga menjadi penyebab bibir hitam. Pada lipstik yang memiliki merk atau yang lebih mahal juga sering terjadi hal seperti ini karena permukan lipstik yang tidak dibersihkan sebelum digunakan.
 

2.     Kandungan Merkuri

Kandungan Merkuri biasanya akan  terdapat pada lipstik atau kosmetik lainnya yang merupakan hasil tiruan atau palsu. Kandungan yang berbahaya ini akan menyebabkan kerusakan pada kesehatan kulit apalagi kandungan ini dapat menyebabkan kanker kulit. Agar terhindar dari hal ini ialah dengan membeli produk kosmetik original yang memiliki kualitas baik. Dan jangan lupa untuk melihat isi kandungan dari kosmetik yang akan di beli.
 

3.    Dapat Menyebabkan Alergi 

Bahaya lainnya jika menggunakan lipstik palsu ialah dapat  memicu timbulnya alergi pada kulit bibir. Terkadang alergi ini akan muncul ketika kandungan pigmen dan bahan kimia lainnya tidak diterima secara baik oleh sistem kekebalan tubuh. Sehingga dapat menimbulkan rasa gatal dan pecah-pecah pada area bibir.

Video bahaya menggunakan kosmetik palsu atau kada luarsa


4.    Gangguan Reproduksi Wanita 

Pada umunya banyak terdapat kandungan retynil palmitate pada lipstik. Kandungan ini akan mengakibatkan gangguan sistem reproduksi  pada wanita. Disarankan untuk membeli lipstik yang di dalamnya tidak terdapat kandungan retinyl palmitate ini, terutama untuk ibu hamil.
 

5.     Terdapat Kandungan Methylparaben 

Methylparaben juga merupakan kandungan dalam lipstik palsu yang berbahaya jika digunakan terlalu sering. Hal ini dapat memicu kanker pada penggunanya. Sama halnya seperti kandungan merkuri dan  juga terdapat dari berbagai merk lipstik yang mungkin sudah Anda kenal.

Bahaya Menggunakan Lipstik (Kosmetik) Palsu atau Kadaluarsa

  Tips untuk membeli kosmetik yang baik dan aman:

  • Untuk mengetahui mana lipstik yang palsu atau asli kita bisa cek nomor registrasi dari produk tersebut dan cek nomor BPOM nya, silahkan cek di website resminya pom.go.id.
  • Kemudian kita bisa liat pada masa kadaluarsa, dan expire date nya produk kosmetik tersebut.
  • Hindari membeli alat kosmetik di warung atau toko yang tidak resmi.
  • Belilah produk kosmetik di supermarket atau yang memiliki gerai resmi, seperti di hypermarket dan sebagainya. Namun hal tersebut ini tidak menjamin sepenuhnya, akan tetapi sangat kecil kemungkinan jika produk yang dijual adalah barang palsu.
  • Lihat pada kemasan kosmetik tersebut apakah ada yang sudah rusak atau terkoyak pada kemasannya, agar tidak perlu membelinya.

Sekian informasi mengenai bahaya menggunakan lipstik (kosmetik) palsu atau kadaluarsa. Semoga artikel ini bermanfaat.”

0 Response to "Bahaya Menggunakan Lipstik (Kosmetik) Palsu atau Kadaluarsa"

Posting Komentar

“Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar”