Kesurupan Menurut Ilmu Psikologi atau Medis

Kesurupan Menurut Ilmu Psikologis atau MedisKesurupan Menurut Ilmu Psikologis atau Medis - Fenomena kesurupan atau kerasukan merupakan fenomena yang sering kita temui di masyarakat. Ciri-ciri orang ini ialah menalami seperti tidak kontrol terhadap dirinya, tangan mengepal, dan tenaganya bertambah berkali-kali lipat dari sebelumnya. Namun, yang telah dipercayai di masyarakat tentang fenomena kesurupan ini ialah seseorang yang mengalami kemasukan makhluk halus atau roh jahat ke dalam tubuhnya.  Mari kita bahas tentang kesurupan menurut para ahli psikologis yang telah kami kutip dari beberapa sumber.
Kesurupan atau dalam bahasa kedokterannya disebut dengan istilah possession trans, dimana kondisi ini adalah perubahan tunggal ( episodic ),disebabkan adanya perubahan identitas pribadi seseorang menjadi identitas baru.  Ada dua pandangan dalam menjelaskan fenomena kesurupan ini dimasyarakat.
Pertama adalah dalam pandangan ilmu psikologi atau medis. Menurut Prof. Dr. Dadang Hawari, beliau merupakan psikiater dari UI ( Universitas Indonesia ). Beliau menjelaskan bahwa fenomena kesurupana ini ialah berupa reaksi disosiasi atau reaksi kejiwaan, dimana orang tersebut kehilangan kemampuan untuk menyadari apa yang dirasakan disekitarnya. Hal ini dapat disebabkan oleh gangguan mental atau tekanan fisik yang berlebihan. Reaksi disosiasi dapat berdampak pada perorangan ataupun secara bersamaan namun ini melibatkan suatu sugesti.
Menurut Prof. Dr. dr. H. Soewadi, MPH fenomena ini tidak lain hanyalah gangguan jiwa seseorang sehingga menyebabkan hilangnya kepribadian asli orang tersebut.
Sartono Mukadis,  yang merupakan pakar Psikologi Universitas Indonesia juga bependapat bahwa fenomena ini adalah terjadinya labilitas pada karakter pribadi seseorang yang mengalami kesurupan tersebut. Beliau menyebutkan pada dasarnya bahwa .” Yang paling mudah terkena fenomena ini umumnya adalah orang-orang yang memiliki kelabilan dan sedang mencari pegangan. Bahkan seseorang yang badung sekalipun akan susah terkena fenomena ini.” sumber detik.com (25/3/2006)
Setiyo Purwanto, S. Psi, MSi, beliau mengatakan bahwa dalam ilmu psikologi fenomena kesurupan ini dapat 
di jelaskan melalui 3 hal yaitu:
  1. keadaan disosiasi pada orang tersebut,
     
  2. kemudian ketika seseorang terebut kehilangkan kontrol terhadap dirinya sendiri atau tidak dapat mengendalikan diri.
     
  3. Split personality yaitu pribadi yang berbeda ketika seseorang tersebut tampil dengan beragam prilaku.

Kesurupan Menurut Ilmu Psikologis atau Medis
Keempat pakar sepakat bahwa fenomena kesurupan ini karena adanya disosiasi, Hanya saja ada  pendapat yang ditambahkan oleh Sartono Mukadis tentang pandangannya terhadap pada awal terjadinya terbentuknya disosiasi, yaitu keadaan dimana mental seseorang yang mengalami kesurupan ini dalam keadaan yan labil (labilitas kepribadian).
Adapun pendapat lainnya tentang fenomena kesurupan ini ialah masuknya roh ghaib seperti jin, setan dan sebagainya, yang telah merasuki tubuh seseorang, dimana ketika seseorang tersebut dalam keadaan fisik yang lemah.  Dan juga dapat kita simpulkan bahwa fenomena kesurupan adalah bentuk dari luapan emosi seseorang yang terlampiaskan, mungkin karena adanya suatu beban masalah maupun itu fisik ataupun kejiwaannya.
Contoh yang mungkin sering kita jumpai dalam fenomena ini adalah dimana seseorang yang mengalami kesurupan ini merasa dia berada pada dimensi atau perasaan lain. Sering kali kita melihat jika disuatu tempat tertentu, orang tersebut akan menjadi seperti karakter orang dimasa lampau yang menghuni tempat tersebut.
Mengapa fenomena kesurupan sangat rentan terjadi pada perempuan dibandingkan laki-laki. Penjelasannya adalah karena perempuan relatif lebih lemah dibandingkan laki-laki namun dalam faktor emosi perempuan sangat berlebih daripada laki-laki dan perbedan hormonal juga menjadi hal lainnya.
Akan, tetapi dalam pandangan Islam, fenomena ini disebabkan oleh gangguan setan atau jin yang senang pada seseorang tersebut. Hal ini terjadi ketika seseorang yang memiliki iman yang kurang da nada keraguan dan ketakutan dihatinya.
Demikian lah penjelasan fenomena kesurupan menurut ilmu psikologi atau medis. Semoga artikel ini bermanfaat sekian dan trimakasih,”

0 Response to "Kesurupan Menurut Ilmu Psikologi atau Medis"

Posting Komentar

“Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar”