Minggu, 29 Oktober 2017

Cara agar Penderita Kista Endometriosis Bisa Hamil

Cara agar Penderita Kista Endometriosis Bisa HamilKista endometriosis bisa hamil dan memiliki keturunan secara normal. Kista endometriosis adalah salah satu penyakit peradangan atau inflamasi yang menyebabkan penurunan kualitas dan kuantitas sel telur. Selain itu jenis kista ini juga dapat menyebabkan adanya perubahan anatomi pada organ reproduksi. Pada umumnya jenis kista ini akan menyebabkan penderitanya sulit hamil. Kista endometriosis sering dikaitkan dengan penyakit wanita karier karena 10% dari penderitanya adalah wanita karier. Selain itu 10 hingga 15% lainnya adalah wanita antara usia 35 hingga 44 tahun. Namun tidak menutup kemungkinan wanita usia remaja juga menderita penyakit ini. Penyakit kista endometriosis akan terus berkembang selama wanita tersebut masih mengalami menstruasi. Ketika wanita berhenti menstruasi dan mengalami menopause maka perkembangan penyakit kista endometriosis juga akan ikut terhenti.

Penyebab kista endometriosis

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan timbulnya kista endometriosis. Beberapa pendapat mengatakan bahwa kista endometriosis timbul karena lemahnya daya tahan tubuh untuk menangkal radikal bebas. Namun sebenarnya penyebab utama kista endometriosis adalah karena menstruasi yang bergerak ke belakang atau mundur. Dalam kondisi ini, darah yang seharusnya keluar masuk kembali ke dalam saluran telur dengan cara membawa lapisan dinding rahim dan jaringan endometrium. Penyakit ini juga bisa timbul karena adanya faktor keturunan atau genetika.

Baca juga :  Kista Ateroma dan Cara Mengatasi Kista Ateroma Pecah

Berikut ini adalah beberapa penyebab kista endometriosis lainnya :

  1. Adanya gangguan pembentukan hormon pada hipotalamus hipofisis. Hipotalamus hipofisis sendiri merupakan organ tubuh manusia yang menjadi tempat untuk membentuk dan mengatur hormon.
  2. Kista endometriosis juga bisa disebabkan karena adanya gangguan pembentukan hormon di indung telur.
  3. Efek dari pencemaran lingkungan bisa mempengaruhi terbentuknya kista endometriosis pada rahim.
  4. Dan yang terakhir adalah sebagai akumulasi dari pola hidup yang tidak sehat dari mulai pola makan, pola tidur dan pola olahraga.

Cara mendapatkan kehamilan pada penderita kista endometriosis

Kemungkinan penderita kista endometriosis bisa hamil bukan merupakan hal yang mustahil. Karena sejatinya anak adalah karunia dan titipan dari Yang Maha Kuasa. Jika Tuhan sudah menghendakinya maka bagaimanapun keadaannya Anda bisa mengalami kehamilan. Oleh karena itu jika Anda termasuk ke dalam salah satu penderita kista endometriosis, tidak perlu khawatir karena masih ada banyak hal yang bisa dilakukan. Di bawah ini akan diberikan beberapa tips mendapatkan kehamilan bagi penderita kista endometriosis :

  1. Penderita kista endometriosis harus mengetahui betul sejauh mana penyakit tersebut menyerang organ reproduksi. Hal ini bertujuan agar penderitanya tidak menunda kehamilan saat sudah memiliki diagnosa menderita kista endometriosis. Kista endometriosis akan membuat kesuburan rahim dan organ reproduksi semakin menurun setiap bulannya.
  2. Menetapkan kerangka waktu untuk hamil saat menggunakan terapi obat-obatan tertentu. Kesuburan bisa mengalami titik yang paling tinggi saat selesai melakukan terapi dengan obat-obatan yang mencegah ovulasi dan periode menstruasi. Anda dapat mengonsultasikan bersama dokter untuk menetapkan waktu kehamilan yang tepat.
  3. Melakukan operasi untuk keadaan yang sudah cukup parah. Operasi dilakukan dengan tujuan untuk mengangkat jaringan tertentu yang menyumbat tuba falopi dan ovarium.

Setiap perempuan tentunya mengidam-idamkan untuk mengalami kehamilan demi menyempurnakan perannya sebagai perempuan. Namun tidak semua perempuan mengalami keberuntungan yang sama. Jika Anda mengalami gangguan kehamilan karena kista endometriosis, Anda tidak boleh putus asa. Karena ada berbagai cara yang bisa dilakukan agar penderita kista endometriosis bisa hamil.

“Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar”