Jumat, 27 Oktober 2017

Mengenali Gejala Dan Langkah Pengobatan Kista Indung Telur

Kista indung telur – Kista indung telur atau biasa disebut dengan kista ovarium merupakan sebuah kantong yang berisikan cairan dan terbentuk secara abnormal di dalam organ ovarium wanita. Setiap wanita pada dasarnya memiliki 2 indung telur, dimana terletak di bagian kanan dan bagian kiri rahim dengan ukuran sebesar biji kenari. Bagian dari sistem reproduksi wanita ini berfungsi sebagai penghasil sel telur pada tiap bulannya, yakni dimulai dari masa pubertas sampa masa menopause. Selain menghasilkan sel telur, ovarium juga membantu memproduksi hormon estrogen dan progesteron. Perlu diketahui, adakalanya fungsi ovarium ini menjadi terganggu akibat beberapa hal, salah satunya ialah gangguan penyakit kista.

Gejala Dan Pengobatan Kista Indung Telur Penyakit kista menjadi momok terbesar yang membayangi kehidupan semua wanita. Penyakit mematikan ini sangat berbahaya dan bisa memicu risiko yang lebih besar yang akan berakibat fatal terhadap keberlangsungan hidup manusia apabila dibiarkan. Gangguan kista juga dibagi menjadi 2 jenis utama, salah satnya disebut dengan istilah kista fungsional yang muncul di bagian siklus haid. Jenis kista ini tergolong tidak berbahaya dan biasanya akan hilang secara bertahap dengan sendirinya. Sedangkan jenis lainnya disebut dengan istilah kista patologis, yakni kista yang tergolong berbahaya dan mengandung sel abnormal dengan sifat kanker. Wajib bagi semua wanita mengantisipasi penyakit ini sejak dini, salah satu cara tepat ialah dengan mengenali gejala kista ovarium untuk menemukan pengobatan kista indung telur secepatnya.

Gejala Kista Indung Telur

Lumayan banyak wanita yang mengeluhkan penyakit kista ovarium. Secara umum, gangguan kista tidak akan mengakibatkan gejala tertentu dan bahkan bisa hilang dengan sendirinya dalam kurun waktu beberapa bulan saja. Meskipun kendati demikian, kista yang tumbuh dengan ukuran besar dan pecah akan berisiko menimbulkan gejala serius yang harus ditangani secepatya melalui tindakan operasi. Namun, operasi tentu bukanlah hal menyenangkan yang mudah dilakukan oleh semua orang. Untuk itu, metode pengobatan alami menjadi salah satu langkah aman dan efektif yang hingga saat ini masih digunakan untuk menyembuhkan penyakit kista hingga tuntas. 


Beberapa gejala gangguan kista ovarium yang wajib diwaspadai ialah seperti terjadinya perdarahan pada saat menstruasi dalam jumlah yang lebih banyak, penderita memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur, sulit hamil, sering mengalami rasa nyeri di bagian tulang panggul, mengeluhkan rasa nyeri pada saat berhubungan intim hingga kesulitan untuk BAB dan buang air kecil. Apabila kista ovarium menimbulkan gejala, kemungkinan besar penderita akan segera dirujuk ke dokter spesialis ginekologi guna melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Langkah Pengobatan Kista Indung Telur

Secara umum, gangguan kista biasanya akan hilang sendiri dalam kurun waktu beberapa bulan. Untuk memastikan hal ini, penderita kista bisa melakukan pemeriksaan USG dan ini sangat diperlukan sebelum melakukan tindakan pengangkatan kista. Berikut ini beberapa faktor yang harus dipertimbangkan sebelum menentukan perlu atau tidaknya pembedahan sel kista pada indung telur:

  • Memperhatikan ada atau tidak adanya gejala penyakit, dimana sekitar 4 % kasus penderita kista bisa menimbulkan gejala dan tingkat keparahan gejala inilah yang sangat mempengaruhi perlu tidaknya tindakan operasi pengangkatan kista. 
  • Memperhatikan ukuran dan kandungan di dalam sel kista, biasanya kista dengan ukuran lebih besar mengandung sel abnormal dan wajib untuk segera diangkat melalui tindakan operasi. 
  • Gangguan kista yang terjadi dalam masa menopause, dimana wanita di masa ini akan memiliki risiko lebih tinggi untuk diserang kista indung telur dan bahkan bisa berkembang menjadi kanker.

“Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar”