Rabu, 25 Oktober 2017

Gejala Dan Penyebab Penyakit Kista Pada Wanita

Penyakit kista pada wanita – Penyebab dari penyakit kista pada wanita tentunya perlu diketahui para wanita mulai dari sejak dini, hal ini dikarenakan jumlah dari penyakit ini semakin meningkat setiap harinya. Untuk itu, anda perlu berhati-hati dengan penyakit yang satu ini. Selain itu, untuk para wanita yang memang telah mengidap penyakit kista maka perlu untuk lebih waspada. Selain itu diperlukan juga melakukan berbagai macam tindakan pencegahan. Dengan membekali diri mengenai pengetahuan tentang penyakit kista dari sejak dini, maka kemungkinan besar penyakit ini dapat anda hindari. Untuk itu pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai penyebab dari penyakit kista yang perlu untuk diketahui. Berikut paparannya untuk anda.

Gejala Dan Penyebab Penyakit Kista Pada Wanita

Mengenal Penyakit Kista

Kista ovarium adalah suatu kantong yang di dalamnya terdapat cairan yang terbentuk pada ovarium. Para wanita memiliki dua ovarium yang biasa disebut dengan indung telur. Untuk ukurannya sendiri adalah sebesar biji kenari yang mana merupakan bagian untuk sistem reproduksi wanita. Fungsi ovarium sendiri adalah memproduksi sel telur setiap bulannya secara rutin yang masih berkaitan dengan yang namanya proses menstruasi. Selain itu, fungsi dari ovarium adalah untuk memproduksi estrogen dan hormon progesteron.

Berbagai macam gangguan bisa saja terjadi di dalam ovarium, sehingga dapat dikatakan penyakit kista merupakan salah satu gangguan yang bisa saja terjadi dalam organ wanita. Secara garis besar kista dibagi menjadi 2 macam, yaitu kista patologis dan kista fungsional. Untuk kista fungsional sendiri merupakan bagian dalam siklus menstruasi yang hilang secara otomatis dan tidak berbahaya. Ini berarti para wanita mengalami yang namanya kista fungsional sekali dalam sebulan. Kista patologis terdapat kandungan sel tidak normal di dalamnya, sehingga sebagian kecil bisa saja berpotensi terjadinya kanker ketika tidak ditangani segera.

Baca juga :  Mengetahui Bagaimana Cara Mengobati Kista Secara Alami

Gejala Kista Ovarium

Penyakit kista pada wanita pastinya memiliki gejala tertentu. Gejala-gejala yang dapat terjadi seperti :

  • Mengalami kesulitan saat BAB
  • Nyeri ketika hendak berhubungan intim
  • Ketika menstruasi mengeluarkan darah yang lebih banyak 
  • Perut kembung
  • Payudara akan lebih sensitif, terutama di saat sedang hamil
  • Mual serta muntah
  • Mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur, nyeri di bagian tulang punggung, sulit hamil. 
  • Sering BAK 
  • Limbung atau pusing
  • Perut seperti terasa penuh dan cepat kenyang
  • Meriang atau demam
  • Nafas yang terengah-engah
  • Mengalami pembesaran di bagian perut bawah baik itu kiri maupun kanan

Penyebab Penyakit Kista

Ada beberapa penyebab yang dapat memicu terjadinya penyakit kista ini, diantaranya adalah :

1.  Faktor hormonal

Kista fungsional yang terdapat pada masa menstruasi dapat hilang dengan sendirinya. Munculnya kista ini karena penggunaan obat dalam menstimulus ovulasi atau pengaruh hormonal.

2.  Endometriosis

Wanita dengan endometriosis akan berpengaruh terjadinya kista ovarium yang berjenis endometrioma. Hal ini dikarenakan jaringan yang bernama endometriosis menyebar sampai kepada ovarium dan tumbuh pada organ tersebut. Munculnya kista yang satu ini dikarenakan hubungan intim yang terbilang sakit. Bukan hanya itu saja, nyeri yang ditimbulkan di saat menstruasi tidak mengalami nyeri seperti biasanya.

3.  Faktor pregnancy

Biasanya kista berkembang ketika kehamilan awal. Tujuannya adalah membantu fase kehamilan sampai terbentuknya plasenta. Bahkan terkadang kista akan tetap ada pada rahim walaupun sudah melalui proses melahirkan.

Demikianlah pembahasan mengenai penyakit kista pada wanita

“Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar”