Sabtu, 28 Oktober 2017

Kista Ateroma dan Cara Mengatasi Kista Ateroma Pecah

 

Definisi Kista Ateroma

Kista Ateroma pecah merupakan penyakit kista yang terdiri dari lapisan kelenjar yang berisi cairan kental dan akan membentuk benjolan pada bagian kulit manusia yang terbuka atau pecah. Kista ateroma merupakan penyakit yang termasuk tumor jinak yang tidak berbahaya. Kista jenis ini terbentuk akibat terjadinya sumbatan pada kelenjar keringat sehingga sering disebut sebagai kista sabesea.

Kista Ateroma dapat terjadi pada beberapa bagian tubuh seperti kulit kepala dan juga dada, akan tetapi tidak jarang sering ditemukan kista ateroma muncul pada bagian tubuh lainnya yang sering mengeluarkan keringat. Benjolan yang muncul merupakan sebuah protein yang membentuk sebuah kantong sel yang sering disebut kerantin dan biasanya akan menimbulkan aroma yang tidak sedap.

Penyakit kista menyerang dengan adanya tanda-tanda yang nampak pada bagian tubuh, antara lain :

  • Tumbuh benjolan pada bagian yang memiliki kelenjar keringat yang tinggi seperti bahu, wajah, kulit kepala dan juga bisa muncul pada bagian punggung
  • Benjolan tersebut memiliki ciri-ciri seperti bentuknya yang bulat, dapat digerakan, dan melekat pada kulit
  • Benjolan tersebut di dalamnya terdapat cairan berwarna putih namun keabu-abuan
  • Benjolan terkadang menimbulkan aroma yang asam dan tidak sedap
  • Jika terjadi peradangan maka benjolan tersebut maka akan berubah warna menjadi merah sehingga menimbulkan dampak nyeri

Cara Mengatasi Kista Ateroma yang pecah

Kista Ateroma pecah bisa terjadi akibat ukurannya yang semakin membesar dan sering di sentuh oleh penderitanya. Akan tetapi pecahnya Kista Ateroma tidak akan menyakitkan namun akan berbeda kondisinya jika pecah di saat terjadinya peradangan maka akan menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa.

Jika mengalami masalah Kista Ateroma yang pecah dan mengeluarkan nanah maka sebaiknya segera periksa ke dokter yang ahli dalam bidang ini. Hal ini perlu di lakukan karena Kista Ateroma yang pecah dan mengeluarkan nanah dapat berbahaya jika di diamkan begitu saja. Nanah dari Kista Ateroma akan berbahaya bagi kesehatan tubuh jika di diamkan dalam jangka waktu yang lama. nanah tersebut dapat menyebabkan timbulnya rasa sakit pada bagian di sekitar tumor atemora. Saat Kista Ateroma mengeluarkan nanah maka akan menimbulkan bau yang tidak sedap. 


Akan tetapi jika tidak keluar nanah saat pecahnya Kista Ateroma maka tidak perlu begitu khawatir. Yang perlu dilakukan adalah cukup menyiapkan kain dan air hangat. Gunakan kain dan air hangat tersebut untuk diletakan pada bagian Kista Ateroma yang pecah tersebut. Hal ini dilakukan untuk dapat menyembuhkan kista dari tubuh dengan cara menyerap kista yang ada ke dalam kain tersebut. Selain itu dapat menggunakan bawang putih, dengan cara iris bawang putih tipis tipis dan tempelkan pada bekas Kista Ateroma yang pecah tadi. Kandungan bawang putih akan membantu dalam menghilangkan luka bekas Kista Ateroma secara alami. 

Akan tetapi hal tersebut hanya untuk Kista Ateroma yang tidak meradang. Berbeda dengan yang dalam kondisi meradang, Kista Ateroma akan semakin membesar dan perlu bantuan dari dokter untuk melakukan tindakan seperti diberikan suntikan steroid yang berfungsi untuk mengurangi pembengkakan atau mengecilkan benjolan. Namun jika sudah parah seperti adanya perubahan bentuk benjolan seperti besar dan lembut sebaiknya segera masuk tahap operasi sehingga tidak akan menimbulkan penyakit lain jika nanah atau cairan yang tidak sedap tersebut keluar dari Kista Ateroma pecah.

“Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar”