Jumat, 27 Oktober 2017

Penyakit Kista Dan Tanda Adanya Kista Pada Organ Reproduksi Wanita

Tanda-tanda penyakit kista dapat di lihat secara langsung dari perbedaan saat kondisi masih normal dan saat sudah adanya perubahan dari kondisi sebelumnya. Kista merupakan penyakit yang sering menyerang organ reproduksi wanita. Sebenarnya kista dapat menyerang ke bagian tubuh lainnya, namun pada umumnya dan sering terjadi pada bagian organ reproduksi atau di dalam rahim. 

Penyakit kista pada organ reproduksi

Pada dasarnya untuk kista yang menyerang organ reproduksi ada yang berukuran kecil dan ada yang berukuran besar. Jika kondisi masih berukuran kecil atau hanya beberapa milimeter maka tidak akan menunjukkan tanda-tanda penyakit kista yang signifikan. Sedangkan untuk penyakit kista yang sudah besar dan menunjukkan keganasan yang serius maka akan terlihat tanda-tandanya. Namun jika tidak diketahui kista sejak ukurannya masih kecil maka sulit untuk menyembuhkannya. 

tanda tanda penyakit kista

Kista sering disebut dengan tumor jinak yang berupa cairan yang menyatu dan larut dengan siklus menstruasi yang sedang dialami perempuan, akan tetapi kista yang sudah besar dan ganas di dalam rahim seorang wanita akan berdampak berbahaya bagi seorang wanita di masa depan yaitu kemandulan atau tidak dapat memiliki anak melalui rahimnya sendiri.

Pada dasarnya kasus kista pada anak tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu saja. Selain itu juga ada penyakit kista yang hilang begitu saja setelah melahirkan. Kista sulit untuk dideteksi keberadaannya jika tidak rutin melakukan pemeriksaan ke dokter. Penyakit kista akan sangat berbahaya jika seorang wanita terserang penyakit kista di saat sedang mengalami masa menopause. Menopause merupakan masa dimana seorang wanita sudah berusia kira-kira 40 tahun yang sudah mengalami perubahan pada siklus menstruasi yang sudah tidak teratur.

Tanda-tanda penyakit kista

Penyakit kista merupakan penyakit yang sering ditemukan secara tidak sengaja dan tidak tahu keberadaannya akibat tidak adanya pemeriksaan yang serius. Namun berikut ada beberapa hal yang dapat dicurigai sebagai tanda-tanda penyakit kista, antara lain :

1.   Merasakan rasa nyeri atau sakit pada bagian perut bawah

Rasa sakit bagian bawah perut muncul karena disebabkan oleh kista yang membesar pada bagian rahim sehingga menimbulkan rasa sakit atau nyeri. 

2.   Muncul rasa nyeri saat berhubungan seksual dengan pasangan 

Berhubungan seksual merupakan kebutuhan bagi sepasang suami istri namun jika sang istri merasa kesakitan dan cenderung nyeri saat berhubungan seksual, lebih baik segera periksa ke dokter.

3.   Kesulitan buang air besar

Kesulitan buang air besar disebabkan karena terjadinya penyempitan pada bagian rektum sehingga membuat pencernaan tidak lancar dan sulit buang air besar.

Baca juga :  Mengenali Gejala Dan Langkah Pengobatan Kista Indung Telur

4.  Sering buang air kecil yang tidak sewajarnya

Buang air kecil yang terlalu sering dan menjerumus ke hal yang tidak wajar akan terjadi jika kandung kemih terimpit dan ruang kandung kemih yang digunakan sebagai tempat menyimpan air seni mengecil sehingga air di dalam tubuh dipaksa keluar lebih cepat.

5.  Menstruasi tidak teratur

Menstruasi yang tidak teratur perlu diwaspadai sebagai tanda penyakit kista, hal ini bisa terjadi karena darah kotor yang ada dalam tubuh terhalang pembuangannya.

6.   Mudah kenyang

Kista dapat menyebabkan lambung terimpit sehingga tidak mampu mencerna makanan dengan normal sehingga seseorang akan merasa cepat kenyang.

7.   Muncul Benjolan pada bagian perut

Munculnya benjolan dapat terjadi jika penyakit kista menyerang seseorang di masa menopause.

Penyakit kista merupakan penyakit yang membutuhkan tindakan yang serius terlebih yang terkena kista pada masa menopause. Kenali penyakit kista dari awal dan ketahui tanda-tanda penyakit kista.

“Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar”